Incinews.net
Rabu, 04 September 2024, 12.56 WIB
Last Updated 2024-09-04T04:56:41Z
Bawaslu Kabupaten Bima 2024Headline

Panwaslu Kecamatan Parado Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Ingatkan Makna Perbedaan




Bima,Incinews.Net. Panwaslu Kecamatan Parado melaksanakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Pada 3 September 2024.

Kegiatan tersebut mengundang Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima Mulyadin, M.Pd, Camat Parado, Perwakilan ASN, perwakilan Pemuda di masing-masing Desa, Pengurus Partai, pemerintah Desa, Damposramil, Polsek Parado, dan unsur satuan Pamong praja.

Kegiatan yang digelar di Aula Akbar Kantor Kecamatan Parado tersebut dimulai pukul 14. Wita, hingga menjelang sore hari dengan tujuan meningkatkan peran pengawasan partisipatif pada pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 mendatang. Jelas Indriani Karlina, S.H Ketua Panwaslu Kecamatan Parado.

Lewat kegiatan tersebut, Mulyadin, M.Pd selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi dan hubungan masyarakat Bawaslu kabupaten Bima juga menjelaskan, pelaksanaan Pilkada tahun 2024 tidak harus dengan kekerasan, dan setiap perbedaan harus dapat dimakknai sebagai rahmat. "Tidak harus dengan kekerasan, dan perbedaan harus dimaknai sebagai rahmat" Ungkapnya.

Lanjut Mulyadin, M.Pd menjelaskan, pelaksanaan pengawasan yang dilaksanakan oleh Bawaslu dan jajaran berorientasi pada menjaga kualitas proses, dan kualitas hasil dari proses demokrasi.

"Semua pihak mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam penagawasan, termasuk soal keakuratan data pemilih yang sedang berlangsug sedang diawasi saat ini, juga mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang, temuan keterlibatan ASN pada pendaftaran Bakal Calon Bupati waktu lalu merupakan hasil pengawasan Bawaslu dan jajaran bukan dari laporan masyarakat". Ungkapnya.

Laki-laki yang akrab disapa Mul lewat kegiatan tersebut juga memaparkan, "Pentingnya semua pihak untuk tetap bersikap bijak dalam bermedia sosial, termasuk jika menemukan pelanggaran agar dapat disampaikan ke Kantor Bawaslu dan Panwascam sebagai lembaga resmi, sebab Bawaslu merupakan lembaga resmi dibandingkan Facebook". Paparnya.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah peserta undangan dari kalangan Pemuda, serta pihak ASN turut berdialog seputar proses pengawasan tahapan Pemilihan Kepala Daerah di kecamatan Parado hingga di akhir kegiatan dilangsungkan sesi foto bersama dengan para udangan. (M.A)