Incinews.net
Kamis, 05 September 2024, 19.49 WIB
Last Updated 2024-09-05T11:51:31Z
HeadlineHMI BimaOrganisasi

Bidang PPD HMI Cabang Bima, Dorong Peningkatan Pendapatan Rakyat Pesisir di Perikanan dan Kelautan



Bima,Incinews,Net- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima, melalui Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD), melakukan giat silaturahmi di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Rabu 3 September 2024.

Kehadiran Pengurus HMI ini, diwakili oleh Juraidin sebagai Bidang Eksternal di HMI, menyampaikan apa yang menjadi kepentingan dan kebutuhan Petani di sekitar Laut di berbagai titik daerah di Kabupaten Bima, seperti Pengembangan Usaha Rumput Laut, selain itu juga pengembangan Sargasur dengan menggunakan alat-alat penyedap (tepung), termasuk pengembangan Penampungan Ikan (PPI) Misalnya di Kecamatan Langgudu, Ungkapnya.

Dikatakan oleh Alumni UMBO (Universitas Mbojo Bima) ini, melihat proses pembiakan rumput laut hingga panen yang dilakukan oleh masyarakat Bima cukup baik, akan lebih baik dan efektif ketika masyarakat menggunakan Jaring yang melekat pada tombak, dengan metode ini akan meningkatkan nilai pendapatan percapital, karena tidak menggunakan modal yang terlalu banyak dan tidak terlalu luas menghabiskan lahan, Jelasnya.

Kurang lebih 23 tahun komunitas masyarakat pesisir laut, mengambil Sargasur dengan metode yang sama, yaitu pengeringan, penimbangan, kemudian mengimpor. hal itu terus menerus dilakukan oleh masyarakat karena metode tersebut tidak menambah nilai pendapat masyarakat, maka diharapkanya Dinas Perikanan dan Kelautan dapat memberikan medote baru supaya masyarakat dapat meningkat nilai pendapatanya dalam hal tersebut, Terang Juraidin.

“ Pelaut di Kecamatan Langgudu misalnya tetap mendapatkan ikan hasil tangkapan yang banyak, supaya roda perekonomian di urusan ikan bisa berjalan maksimal diperlukan dibangunkan Tempat Penampung Ikan (TPI), Harapnya.

Sedangkan Muhammad Nasir Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, menanggapi apa yang di sampaikan oleh pengurus HMI Cabang Bima,” kedepannya kami akan coba upayakan mendiskusikan sehingga apa yang diharapkan dapat bisa di wujudkan, Ungkapnya.