Incinews.net
Sabtu, 28 September 2024, 19.12 WIB
Last Updated 2024-09-28T11:12:50Z
HeadlinePendidikan

Antusiasnya 70 Siswa SMA di Bima Ikut Pelatihan Jurnalis Milenial TBM Sarangge Baca

 



Bima,Incinews,Net - Komunitas literasi TBM Sarangge Baca Bima menggelar pelatihan jurnal (Jurnalistik Milenial). Pelatihan yang mengangkat tema 'Jurnalis Anti Hoax' itu digelar di SMAN 2 Woha, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, (NTB), Sabtu, (28/9/2024).

Acara tersebut diikuti sebanyak 70 siswa-siswi yang mewakili beberapa SMAN di Kabupaten Bima. Sementara pematerinya yakni Taufikurrahman (Opik) pimpinan Incinews, media regional di NTB dan  Uki, wartawan detik.com kontributor wilayah Bima.

Selain memberikan materi teori tentang dasar-dasar menulis berita, kode etik jurnalistik hingga UUD pers, para peserta cukup antusias yang mengikuti pelatihan mempraktekkan tata cara menulis berita. Mereka dibagi sebanyak 10 kelompok

Direktur Sarangge Baca Bima, Dipati mengatakan pelatihan jurnal yang digelar pihaknya adalah salahsatu dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan Sarangge Baca Bima.

Pasalnya Sarangge Baca Bima adalah salahsatu dari 450 komunitas penggerak literasi di Indonesia yang mendapat bantuan Pemerintah (Bamper) Tahun 2024 dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Dengan adanya bantuan ini, maka TBM Sarangge Baca Bima melaksanakan kegiatan pelatihan ini," kata Dipati.

 


Dengan adanya kegiatan itu diharapkan dapat mendorong terbentuknya jurnalis muda atau milenial di tiap-tiap sekolah yang nantinya dapat mengisi majalah dinding (mading) dan berbagai kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Selain itu, Adipati melanjutkan dengan adanya kegiatan tersebut para peserta dapat mengenal dan mengetahui asal usul pemberitaan yang benar sesuai dengan fakta lapangan.

"Yang terpenting adanya kegiatan ini dapat mendorong kegiatan serupa di sekolah-sekolah lain dalam rangka memberikan pendidikan dasar tentang dunia jurnalistik sejak muda," imbuhnya.