Incinews.net
Rabu, 28 Agustus 2024, 22.29 WIB
Last Updated 2024-08-31T12:32:43Z
DesaPemerintahPemprov NTBPj Gubernur NTB

Tingkatkan Kompetensi Aparatur Desa, Pemrov NTB Canangkan Desa Cantik


Foto: Pemerintah Nusa Tenggara Barat melalui Badan Pusat Statistik NTB kembali mencanangkan Desa cinta Statistik (Desa Cantik) yang dibentuk guna pengelolaan dan pemanfaatan data desa dan perencanaan pembangunan desa, mengelola desa menjadi desa maju dan tepat sasaran.

Media insan cita, Mataram- Dalam rangka meningkatkan kompetensi aparatur desa Pemerintah Nusa Tenggara Barat melalui Badan Pusat Statistik NTB kembali mencanangkan Desa cinta Statistik (Desa Cantik) yang dibentuk guna pengelolaan dan pemanfaatan data desa dan perencanaan pembangunan desa, mengelola desa menjadi desa maju dan tepat sasaran.

Dijelaskan Kepala BPS NTB, Drs. Wahyudin, Desa Cantik adalah program percepatan dari Badan Pusat Statistik dalam lingkup wilayah Desa/Kelurahan/Nagari/Wilayah setingkat untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam mengelola dan pemanfaatan data desa.

"Sehingga Perencanaan Pembangunan Desa menjadi lebih tepat sasaran," kata Kepala BPS NTB Wahyudin, saat memberikan penjelasan di kantornya, Rabu 28 Agustus 2024.

Desa Cantik ini kedepan akan membantu aparatur desa dalam mengelola desa, salah satu OPD yang bertugas meningkatkan kapasitas pengetahuan aparatur desa pada Desa Cantik ini adalah Diskominfotik NTB memiliki peran meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik, Standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik, Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran.


Pada hari Rabu tanggal 21 Agustus 2024 Desa Kumbang, Kecamatan Masbagik Secara resmi telah dicanangkan Penjabat Bupati Lombok Timur HM Juaini Taofik sebagai Desa Cinta Statistik (Desa CANTIK) Tahun 2024 Kabupaten Lombok Timur.   Adapun cikal bakal hadirnya Desa Cantik pertama di Kabupaten Lombok Timur itu diawali dari koordinasi  BPS Kabupaten, Dinas PMD Kabupaten dan Diskominfo Kabupaten Lombok Timur. 

Dalam sambutannya Pj Bupati Lombok Timur HM Juaeni Taofik, memberikan penjelasan mengenai pentingnya ketersediaan data di lingkungan pemerintah yang berjenjang, dari tingkat desa, kecamatan, sampai dengan tingkat kabupaten. Data merupakan komponen utama yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan di suatu wilayah.  

“Desa Cinta Statistik adalah filosofi yang menekankan pentingnya desa sebagai penyedia data statistik yang akurat dan dapat dipercaya”. terangnya. 

Diakhir dirinya berharap penunjukan desa Kumbang sebagai desa cantik pertama di kabupaten Lombok Timur itu dapat memberikan kontribusi sebagai penyedia data statistik yang akurat dan dapat dipercaya. Desa bukan hanya sekedar tempat tinggal penduduk, tetapi juga menjadi sumber data yang sangat berharga dalam perencanaan pembangunan, dan tentunya kedepan disetiap Kecamatan akan ada desa Cantik lainnya. 

“Desa Cinta Statistik adalah filosofi yang menekankan pentingnya desa  menjadi sumber data yang sangat berharga dalam perencanaan pembangunan, kedepan semoga di setiap Kecamatan akan ada desa-desa cantik lainnya.” tegasnya.