Incinews.net
Rabu, 28 Agustus 2024, 08.51 WIB
Last Updated 2024-08-28T00:51:40Z
HeadlinePemkab Bima 2024

Sekitar Puluhan Ribu Anjing di Kabupaten Bima, Jadi Target Vaksin



Bima,Incinews,Net- Rabies merupakan kasus nasional yang membutuhkan perhatian secara nasional, demikian halnya di tingkat daerah.


Dalam rapat ini akan dibahas koordinasi penanganan kasus gigitan hewan termasuk  progres laporan penanganan yang sudah dilakukan oleh organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Juga langkah tidak lanjut untuk menangani beberapa kasus yang terjadi di kecamatan.


Demikianlah yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Adel Linggi Ardi, SE saat memimpin Rapat Evaluasi Penanganan Hewan Penular Rabies (HPR) Selasa (27/8) di Ruang Rapat Sekretaris Daerah. 


Sekda yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Fatahullah S.Pd,  Kalak BPBD Drs.Israh, Kadis Kesehatan Fahrurrahman SE, M.Si dan Plt. Kadis Peternakan dan Keswan Drh.Joko Agus Guyanto dan para pejabat Eselon III dan Fungsional OPD tersebut menekankan pentingnya penanganan  secara dini.

"Dinas Peternakan harus mendata semuanya, baik manusia maupun ternak yang berpotensi terdampak gigitan anjing karena  tidak tertutup kemungkinan itu akan bisa menyebabkan penularan rabies dan yang terpenting  melakukan deteksi dini untuk mengurangi dampak penyebaran", Tegas sekda.


Sekitar 45 peserta rapat yang merupakan Kepala UPT Peternakan dan Keswan,  Kepala UPT Puskesmas Se-Kabupaten Bima dan para surveilans.


Plt. Kadis Peternakan dan Keswan Drh. Joko Agus Guyanto memaparkan,  target vaksinasi hewan 70 ribu ekor dan sudah 10 ribu anjing yang telah divaksin dan untuk mencapai target,  diperlukan lebih banyak dosis vaksin yang disiapkan'. Terang Joko


Menanggapi arahan Sekda, Joko menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pemetaan dan pengambilan sampel otak anjing dan dikirim untuk dilakukan pemeriksaan ke Laboratorium kesehatan  hewan di Denpasar.


Terkait penanganan anjing gila ini Kadis Kesehatan Fahrurrahman SE., M.Si para petugas kesehatan di seluruh Kecamatan telah dilakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan penanganan kasus gigitan anjing liar.


Namun demikian lanjut mantan Kadis kominfo dan statistik ini, untuk menekan angka kematian akibat gigitan anjing liar ini, perlu peningkatan langkah preventif antara lain memastikan kepada masyarakat untuk langsung meminta penanganan kepada Puskesmas jika terjadi kasus, Urainya.