Incinews.net
Minggu, 21 Juli 2024, 09.36 WIB
Last Updated 2024-07-21T01:36:32Z
BawasluHeadlineKabupaten Bima 2024

Progres Mengawal Hak Pilih, Bawaslu Kabupaten Bima Perkuat Jajaranya



Bima,Incinews. Net- Ketua Bawaslu Kabupaten Bima memberikan arahan kepada jajaran saat menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) yang digelar oleh Panwaslu Kecamatan Monta. 



Bimbingan teknis di Caffe 88 wilayah setempat melibatkan seluruh anggota Panwaslu Kelurahan/ Desa sebagai peserta. Sabtu, 20 Juli 2024.



Junaidin dalam arahannya, dalam mengawal hak pilih Panwaslu Kelurahan/ Desa dapat bersikap progres terhadap hasil pengawasan pencoklitan yang telah dilaksanakan.



"Sahabat Panwaslu dapat bersikap progres dalam mengawal hak pilih" Jelasnya.



Menurut Zoe sapaan akrab, ketiadaan identitas kependudukan memungkinkan Pantarlih tidak melaksanakan proses pencoklitan terhadap warga yang memenuhi sarat sebagai pemilih.



" jika pada hasil pengawasan ditemukan berupa ketiadaan identitas kependudukan hingga menyebabkan hak pilih tidak dapat di Coklit oleh Pantarlih, hasil pengawasan tersebut dapat menjadi bahan untuk di koordinasikan lebih lanjut dengan Pemeritah desa di wilayah tugas masing-masing" Jelasnya.



Lebih lanjut, ketiadaan identitas terhadap warga dalam pemilihan Kepala daerah yang nantinnya akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang menurutnya perlu keterlibatan pihak yang berurusan dengan administrasi kependudukan.



"Hal tersebut Dukcapil memiliki peranan menyediakan layanan perekapan bagi warga yang belum memiliki Identitas Kependudukan" Ungkapnya.