Incinews.net
Rabu, 17 Juli 2024, 21.31 WIB
Last Updated 2024-07-19T16:11:34Z
Dr HassanudinHeadlinePemerintahPemprov NTBPj Gubernur NTB

Pj Gubernur Serahkan Sertifikasi Halal ke 1000 UMK, Diharapkan NTB Jadi Central Produk Halal Indonesia Timur

Foto: Pj Gubernur NTB didampingi OPD Pemprov NTB dan UMK.

MEDia INSAN CITA, Mataram - Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB menerbitkan 1000 sertifikat halal Self Declare diberikan secara gratis kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK)

Penyerahan SK ke pelaku (UMK) secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Dr. Hassanudin berlangsung di Aula ALI II UPT Asrama Haji Embarkasi Lombok Mataram, Rabu 17 Juli 2024.

PJ Gubernur NTB Dr. Hassanudin mengatakan sertifikat halal bagi pelaku UMK merupakan syarat wajib untuk menjamin produk-produknya berkualitas dan aman bagi konsumen. Pemberian sertifikat halal menjadi langkah strategis untuk meningkatkan daya saing produk lokal NTB di kancah nasional maupun internasional.

"Kita sungguh berharap bahwa NTB menjadi pusat industri produk halal terbesar di wilayah timur Indonesia. Harus kita wujudkan bersama," tegasnya.

Dr. Hassanudin menjelaskan bahwa industri gaya hidup halal memiliki potensi yang sangat besar dari sisi keuntungan ekonomi dan lapangan pekerjaan. Sertifikat halal merupakan upaya pelaku UMK untuk mendapat kepercayaan bagi konsumen dengan menjamin produk-produk yang jual memiliki kualitas terbaik.

"Langkah ini sebagai upaya kita mendukung program pengembangan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Kita berharap bagi pelaku UMK memahami manfaat sertifikat halal, bukan hanya berkualitas tapi juga memenuhi standar halal yang baik," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Dr. Yulius mengatakan penerbitan sertifikat halal membuka peluang usaha guna memandu pelaku UMK di pasar global. Sertifikat halal sudah memakai standar dunia yang menentukan kualitas produk-produk lokal.

"Indonesia optimis menjadi pusat halal dunia, mengingat posisi Indonesia sebagai Negera muslim terbesar di dunia," ungkapnya.