Incinews.net
Selasa, 30 Juli 2024, 07.51 WIB
Last Updated 2024-07-29T23:51:47Z
Bawaslu Kabupaten Bima 2024Headline

Keharusan Menjaga Netralitas, Panwaslu Kecamatan Lambitu Gelar Sosialisasi Pengawasan



Bima, Incinews.Net. Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan lambitu menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dengan mengundang pihak yang dilarang terlibat Politik praktis Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung turut di hadiri oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima. Senin, 29 juli 2024.


Abdul Malik, M.Pd Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Panwaslu Kecamatan se-tempat menjelaskan, kegiatan yang dihadiri oleh Camat, Kepala sekolah, Kepala Desa, TNI dan Polri lingkup Kecamatan lambitu tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan terkait dengan pentingnya Netralitas terhadap pihak yang dilarang oleh peraturan.


"Tujuannya mensosialisasikan kepada semua Pihak terkait pentingnya Netralitas, dengan harapan dapat terwujudnya Pemilihan yang Jurdil pada 27 November mendatang, lewat kegiatan sosialisasi ini Kami berharap kepada semua pihak yang dilarang tidak melanggar peraturan yang ada" Ungkap Malik dalam keterangnya.


Melalui kegiatan Sosialiasi yang di mulai sejak pukul 10 pagi di Aula Serba Guna Kecamatan Lambitu tersebut, Muliadin, M.Pd., Koordinator Divisi Pencegahan, Paritisipasi dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Bima juga menyampaikan tentang pentingnya Netralitas, dan mengingatkan kepada Masyarakat Kecamatan Lambitu untuk dapat memberikan laporan jika masih terdapat Pemilih yang belum masuk pada daftar Pemilih.


"Kami mendorong semua pihak yang dilarang untuk tetap menjaga Netralitas, dan apabila terdapat saat ini masih terdapat Pemilih yang belum masuk pada daftar Pemilih sekiranya dapat memberikan laporan kepada Bawaslu atau Panwaslu" Ungkap Muliadin,M.Pd.


Lanjut, Muliadin M.Pd juga mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam mengawasi, menurut ia tingginya Partisipasi dalam mengawasi jalannya tahapan Pemilihan kepala Daerah dapat menjaga kualitas Demokrasi dan kualitas kemanusiaan.


"Tingkat Partifisipsi masyarakat yang tinggi mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah dapat menjaga kualitas Demokrasi dan jalannya Pemilihan yang sesuai dengan nilai-nilai yang Humanis". Ungkapnya.


Lanjut ia menjelaskan, pada pelaksanaan tahapan Pilkada yang sudah berjalan saat ini, Muliadin, M.Pd juga menyampaikan pentingnya mencegah secara bersama-sama setiap persoalan yang mengarah kepada rendahnya kualitas Demokrasi.


"Kami mengajak semua pihak untuk sama-sama mendorong Pemilihan yang Anti Money Politik, sama-sama mencegah Isu sara dan Politik Identitas". Jelasnya.