Incinews.net
Sabtu, 13 Juli 2024, 19.50 WIB
Last Updated 2024-07-13T11:50:27Z
HeadlinePemda Bima 2024

Jajaran Diskop UKM Kabupaten Bima Gelar Syukuran Hari Koperasi



Kabupaten Bima,Incinews,Net- Peringatan Hari Koperasi ke-77 Tingkat Kabupaten Bima Jumat (12/7) yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima dihadiri Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri SE.M.IP, Wakil Bupati H.Dahlan M.Noer, Pj. Sekda Suwandi ST.MT, para pejabat teras pemerintah Kabupaten Bima  Pengurus Dekopinda serta pengurus koperasi binaan instansi tersebut. 



"Dengan pengalaman menghidupkan Gerakan Koperasi di Kabupaten Bima, para pengurus dan pengelola sudah melewati masa kepemimpinan sejumlah bupati serta memberikan kontribusi nyata  bagi sehatnya gerakan koperasi di Kabupaten Bima". Terang Bupati. 



Tugas gerakan koperasi  adalah memberikan pendampingan dan untuk koperasi, terutama semangat bahwa tidak mudah untuk menyehatkan semua koperasi yang tumbuh dan berkembang. Tetapi semangat itu harus tetap ada,  tidak melihat pihak yang salah tetapi ada langkah nyata yang bisa dilakukan agar gerakan koperasi bisa berkembang dengan lebih baik". Imbuhnya. 



Sebelumnya Kadis Koperasi  dan UKM Kabupaten Bima Drs. Dahlan dalam laporannya menjelaskan,  "peringatan Hari Koperasi tahun ini mengangkat tema, Melalui Hari Koperasi Indonesia 2024, Pemerintah Membangkitkan Semangat Baru Gerakan Koperasi dalam menyambut Indonesia emas tahun 2045".



Peringatan Hari Koperasi lanjut Dahlan, ditujukan untuk mendorong masyarakat agar terus menghidupkan koperasi sebagai  dalam mewujudkan kesejahteraan bersama



Dahlan juga menjelaskan, hingga tahun 2024 koperasi berjumlah 317 dengan 235 koperasi aktif dan 82 koperasi tidak aktif. Sementara, pada sektor UMKM sebanyak 25.599 usaha mikro, 14 usaha kecil dan 8 usaha besar.



Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan piagam penghargaan para pelaku koperasi dipandang memiliki kinerja yang baik dalam pengelolaan koperasi