Incinews.net
Jumat, 12 Juli 2024, 21.40 WIB
Last Updated 2024-07-17T13:52:27Z
Dr HassanudinPemerintahPemprov NTBPj Gubernur

Indeks Literasi NTB Tertinggi Ke-2 Nasional, Inilah 6 Keuntungan yang Diperoleh

Foto: Pj Gubernur NTB Dr Hassanudin bersama Kepala OJK NTB yang baru Rudi Sulistyo menggantikan Rico Rinaldi di Kantor OJK Mataram.

MEDia INSAN CITA, Mataram - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan indeks literasi keuangan masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar 65,45 persen merupakan tertinggi ke-2 secara nasional pada tahun 2023 atau lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional sebesar 49,68 persen.

Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur NTB Dr Hassanudin. dalam acara pengukuhan Kepala OJK NTB yang baru Rudi Sulistyo menggantikan Rico Rinaldi di Kantor OJK Mataram. 12 Juli 2024.

Mantan Pj Gubernur Sumatra Utara (Sumut) menyampaikan tersebut hal tersebut akan menguntungkan ekonomi daerah. katanya, Setidaknya ada enam keuntungan dengan indeks literasi yang tinggi agar masyarakat lebih siap menghadapi tantangan ekonomi.

"Enam keuntungan tersebut, diantaranya kesejahteraan masyarakat melalui inovasi keuangan inklusi, ekonomi dan keuangan daerah yang stabil, akses keuangan yang lebih terbuka, penguatan sistem keuangan dan peningkatan partisipasi masyarakat,"sebut Dr Hassanudin.

Sementara, Anggota Komisioner OJK Pusat, Dian Ediana Rae mengatakan, tantangan ekonomi nasional akan teruji dalam dinamika ekonomi daerah. 

"Target ekonomi nasional tergantung pada pertumbuhan ekonomi daerah", sebutnya. 

Inklusi keuangan NTB sendiri masih sebesar 82, 34 persen di bawah rata-rata nasional 85, 10 persen. Dengan kondisi tersebut, OJK berharap NTB senantiasa meningkatkan konsistensi dengan melibatkan seluruh stakeholders dalam proses pencapaiannya.