Incinews.net
Kamis, 25 Juli 2024, 23.18 WIB
Last Updated 2024-07-25T15:20:17Z
Bawaslu Kabupaten Bima 2024Headline

Hasnun Ingatkan Jajaran Tetap Profesional dalam Bekerja



Bima, Incinews. Net - Bawaslu kabupaten Bima Road Show pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan oleh Panwaslu kecamatan Parado, Rabu, 24 Juli 2024 lalu.


Hasnun, S. Pd Koodinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima menjelaskan pentingnya jajaran Pengawas dalam meningkatkan kualitas dalam melaporan hasil pengawasan (LHP), serta pentingnya sikap yang Profesional dalam melaksanakan Tugas.


"LHP merupakan senjata bagi Pengawas, maka dari itu PKD harus mahir menceritakan secara detail terhadap setiap proses dan hasil pengawasan" Ungkapnya.


Lanjut Hasnun, S.Pd menjelaskan, bentuk penanganan pelanggaran pada pemilihan terdapat hal penting yang diperhatikan oleh jajarannya.


"Bahwa setiap proses penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa harus berdasarkan pada peraturan perundangan, juga memperhatikan keterpenuhan syarat formil dan materil" jelasnya.


Selain itu, pada Kegiatan yang berlangsung di aula Akbar kecamatan tersebut ia menjelaskan tentang pentingnya melaksanakan pengawasan Pemutahiran data Pemilih.


"PKD tetap mengawasi tahapan pemutakhiran data pemilih sampai selesai, memastikan penyelenggara tekhnis sudah bekerja sesuai dengan prosedur, jika ditemukan pelanggaran sampaikan saran perbaikan secara lisan atau tertulis" ungkapnya.


Pada kegiatan yang digelar sejak pagi hingga siang hari tersebut, ia juga mengingatkan pentingnya jajaran pengawas kecamatan dan Desa dalam melakukan penguatan diri terhadap pentingnya profesional dalam menajalankan tugas serta tanggung jawab.


"Kami terus menghimbau kepada seluruh jajaran pengawas kecamatan dan Desa, untuk tetap menjaga loyalitas dan Profesional dalam bekerja" tuturnya.


Indriani karlina, S.H., selaku Ketua Panwaslu kecamatan Parado juga menambahkan, kegiatan Bimbingan teknis yang dilaksanakan merupakan upaya untuk meningkatkan tugas Pengawasan bagi Panwaslu Kelurahan/Desa.


"Panwaslu Kelurahan Desa merupakan ujung tombak yang memastikan berjalanya tahapan Pemilihan di Desa, kegiatan ini tentunya akan merefres kembali pemahaman pengawasan sesuai dengan amanat peraturan yang ada, termasuk pengawasan tahapan pemutahiran data yang telah di laksanakan akhir ini, mudah-mudahan pengawasan pemutahiran data Pemilih dapat terus diawasi hingga menjelang hari pada tahapan pemugutan dan perhitungan suara". Ungkapnya.