Incinews.net
Sabtu, 22 Juni 2024, 14.07 WIB
Last Updated 2024-06-22T06:07:49Z
DompuHeadlinePemerintah

Terjadi Kemiskinan Ekstrem dan Stunting, Ketua TP PKK NTB Kunjungi Kabupaten Dompu

 


Dompu,Incinews,Net- - Kabupaten Dompu Desa Ta'a Kecamatan Kempo dipilih jadi tempat roadshow lanjutan Bhakti Sosial Gerakan PKK dalam rangka HKG PKK ke-52 tahun 2024.



Penjabat (Pj) Ketua TP PKK NTB Ir. Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi yang akrab disapa Bunda Lale menjelaskan, program bhakti sosial membawa misi menanggulangi kemiskinan ekstrim sekaligus penurunan kasus stunting yang ada di desa Ta'a.



“Kecamatan Kempo ini lokasi ketiga setelah kemarin Kota Bima dan Kabupaten Bima. Sekarang di Dompu,” tuturnya. Kamis 21 Juni 2024



Bunda Lale melanjutkan, kegiatan yang dilakukan sesuai Instruksi Presiden no. 4 tahun 2022 yang memuat upaya pengurangan dan penghapusan kemiskinan ekstrim serta penurunan kantong-kantong kemiskinan.



“Memang yang kami bawa sebanyak 150 paket itu mungkin tidak seberapa, tetapi kami dari Tim Penggerak PKK sudah berusaha untuk melaksanakan bansos ini. Mudah-mudahan bisa mengurangi beban sementara pengeluaran masyarakat di sini,” urainya.



Dijelaskan Bunda Lale, masyarakat penerima bantuan adalah masyarakat yang mengalami kemiskinan ekstrim diantaranya para lansia, perempuan kepala keluarga, ibu hamil dan para orang tua yang memiliki anak stunting. Terkait penurunan stunting, Bunda Lale mengapresiasi TP PKK dan Pemkab Dompu yang telah berhasil menurunkan kasus stunting hingga 22 persen.



Selain penyerahan bantuan, Bhakti Sosial Gerakan PKK melakukan pula penyuluhan tentang pembinaan karakter keluarga yang disampaikan perwakilan Pokja I TP PKK Provinsi NTB. Pokja I bertugas melakukan pembinaan karakter keluarga dengan program kegiatan utamanya Paredi atau pola asuh anak dan remaja di era digital.



Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Ketua DWP NTB Zuhaira Ibnu Salim, Ketua TP PKK Kabupaten Dompu Lili Suriyani dan jajaran serta para kader PKK Desa Ta’a dan pihak Kecamatan Kempo.