Incinews.net
Rabu, 12 Juni 2024, 16.07 WIB
Last Updated 2024-06-12T11:55:17Z
BawasluDeadlinePilkada

Netralitas ASN di Pilkada 2024 Jadi Atensi Bawaslu NTB

Foto: Ketua Bawaslu NTB, Akademisi UNU NTB dan Anggota Komisioner Bawaslu NTB.


MEDia INSAN CITA (inciNews.net) Mataram -

Ketua Bawaslu NTB, Itratip, menyampaikan beberapa poin penting tentang refleksi dan evaluasi dari seluruh proses pengawasan yang telah dilakukan pada tahapan Pemilu tahun 2024. 

“Dari hasil pengawasan pemilu tahun 2024, isu netralitas ASN menjadi isu yang cukup krusial dan menjadi salah satu fokus pencegahan dan pengawasan kita, dan akan tetap menjadi fokus pengawasan pada tahapan Pilkada,” ujarnya. Saat membuka acara kegiatan Evaluasi Pencegahan dan Pengawasan Pemilu Tahun 2024 yang diikuti oleh Bawaslu Kabupaten/Kota se-NTB pada Selasa (11/6/2024) di Kota Mataram. Kegiatan tersebut digelar untuk mengevaluasi berbagai bentuk kegiatan dan metode pencegahan dan pengawasan tahapan pemilu yang dilakukan oleh Bawaslu NTB dan Bawaslu Kabupaten/Kota selama tahapan Pemilu berlangsung.

Sementara, Akademisi UNU NTB, Irpan Suriadiata juga hadir dalam kegiatan tersebut dan menyampaikan paparan mengenai strategi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. 

“Tujuannya adalah bagaimana Bawaslu dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas, jadi Bawaslu harus berinovasi dalam mengemas pendidikan pengawasan partisipatif agar dapat diterima oleh berbagai elemen masyarakat,” jelas Irpan. 

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu NTB, Hasan Basri, mengingatkan kepada jajarannya bahwa output yang diharapkan dari seluruh kinerja pencegahan dan pengawasan adalah adanya peningkatan kualitas pengawasan Pemilu. 

“Ada beberapa hal yang bisa menjadi refleksi kita bersama, seperti peningkatan partisipasi masyarakat dalam pencegahan dan pengawasan, kerjasama dengan media, inovasi pencegahan, serta soliditas kita sebagai sesama penyelenggara Pemilu,” tegas Hasan. 

Kegiatan rapat evaluasi tersebut juga menjadi malam apresiasi bagi Bawaslu Kabupaten/Kota yang telah konsisten melakukan berbagai bentuk kerja-kerja pencegahan dan pengawasan selama tahapan Pemilu berlangsung.