Incinews.net
Sabtu, 29 Juni 2024, 07.42 WIB
Last Updated 2024-06-30T22:40:01Z
HeadlineKPU Kabupaten BimaKPU NTBPilkada

Supervisi Data Pilkada 2024, Komisioner KPU NTB Turun Langsung Ke Dusun Unik di Bima

Foto: Kadiv Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Provinsi NTB Agus Hilman, memantau proses coklit di Kabupaten Bima tepatnya di Dusun Tolonggeru, Desa Monggo, Kecamatan Madapangga.


MEDIA INSAN CITA (inciNews.net) BIMA -Supervisi tahapan Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Provinsi NTB turun memantau Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di tiga Kabupaten Kota serentak yakni di Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Bima Kota. Jum'at 28 Juni 2024.

Ketua KPU Provinsi NTB Muhammad Khuwailid yang hadir di Kota Bima langsung memantau proses coklit di Kota Bima. Tokoh masyarakat yang dipantau dicoklit adalah Sekretaris Daerah Kota Bima, H Muktar Landa. Beliau terdaftar di TPS 1 di kediamannya di kelurahan Melayu Kecamatan Asakota. 

Khuwailid juga memantau proses coklit ke warga-warga sekitar, tepatnya di kediaman Nur Susilowati yang daftar di TPS 5 kelurahan Melayu Kecamatan Asakota.

Di kesempatan itu juga ia memantau coklit warga sekitar pesisir pantai di teluk Asakota keluarga kolo lingkungan Bonto. Tepatnya di kediaman bapak Herman yang berprofesi sebagai nelayan.

Tak lupa dirinya memeriksa ketersedian alat kerja seperti laptop dan printer di Sekretariat PPK di Kota Bima. Ia meminta khusus sarana dan prasara ini agar di atensi khusus oleh KPU Kota Bima bersama Pemkot Bima.

Di tempat berbeda, Kadiv Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Provinsi NTB Agus Hilman, memantau proses coklit di Kabupaten Bima tepatnya di Dusun Tolonggeru, Desa Monggo, Kecamatan Madapangga.

Ia melihat langsung Pantarlih turun door to door di desa yang  menjunjung tinggi nilai toleransi ini. Mengapa, karena di Dusun ini justru pemilihnya memilki dua agama dalam satu kepala keluarga Yakni, Islam dan Katolik. 

Kehidupan keseharian masyarakat setempat yang berbaur dalam satu atap dengan dua keyakinan berbeda menjadi satu keunikan tersendiri.

Dalam kesempatan itu Hilman meminta agar Pantarlih selain mencoklit, juga mensosialisasikan waktu pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB juga, tak hanya pemilihan Bupati dan calon Wakil Bupati Bima saja di  tanggal 27 November 2024, tegasnya

Lain hal Kadiv Hukum Pengawasan KPU Provinsi NTB Mastur yang turun memantau di Kabupaten Dompu. Salah satunya di tokoh masyarakat yang bernama Ismul Rahmadin yang telah terdaftar di  TPS 3, begitu juga sodari Mazena Lating dan Nur Fahria yang tertaftar di TPS yang sama.

Hadir mendampingi  proses coklit di tiga Kab Kota tersebut  adalah seluruh  Anggota KPU Kab Kota,  Bawaslu Kab Kota, Panwas Kecamatan, serta Pantarlih masing-masing TPS