Incinews.net
Kamis, 23 Mei 2024, 22.54 WIB
Last Updated 2024-05-23T15:15:27Z
KampusUnram

Asah Lisan dan Tulisan Mahasiswa, LPKH Hukum Unram Gelar Pelatihan Praktik Kemahiran Hukum


Saat kegiatan berlangsung 


MEDia INSAN CITA (inciNews.net) MATARAM -

Dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam ilmu hukum Labolatorium Praktik Peradilan dan Kemahiran Hukum (LPKH) Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mataram (Unram) gelar pelatihan Praktik Kemahiran Hukum. Kegiatan tersebut dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan dan skill mahasiswa hukum dalam tatanan Praktik yang dilaksanakan di ruang praktik peradilan Fakultas Ilmu Hukum, Ilmu Soial dan Ilmu Politik Universitas Mataram 23 Mei-24 Mei 2024. 
Pada session 1 (satu) kali ini pelatihan difokuskan untuk simulasi Praktik pembuatan dokumen Perkara Perdata 
.Hari pertama kegiatan Pelatihan dilaksanakan dalam 3 sesi kelas. Sesi pertama dimulai dengan pelatihan membuat Gugatan Perdata yang disampaikan langsung oleh dosen FHISIP UNRAM Hotibul Islam S.H.,M.Hum. Setelah itu pada sesi kedua kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan jawaban gugatan yang disampaikan oleh advokat senior Munzirin S.H dan pada sesi ketiga dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan replik oleh Lalu Syaipuddin Gayep S.H,.M.H.
Pembukaan acara ini dihadiri oleh tim Labolatorium Praktik Peradilan dan Kemahiran Hukum  dan diikuti sekitar 25 Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mataram. Hotibul Islam S.H.,M.Hum menyampaikan dihadapan para peserta pelatihan bahwa mahasiswa tidak cukup dengan teori-teori hukum tetapi penting juga untuk mendalami praktik hukum acara Untuk menyiapkan diri dalam profesi hukum seperti hakim, jaksa , pengacara dan sebagainya. 

"Kunci mahasiswa hukum adalah bagaimana mengasah lisan dan tulisan,"ujarnya. 

Sementara, Ketua LPKH Lalu Syaipuddin Gayep S.H,.M.H menyampaikan, pelatihan ini kedepannya diharapkan melahirkan pekerja-pekerja hukum yang progresif.

"Kegiatan ini kedepannya tidak hanya ditujukan untuk dokumen perkara perdata akan tetapi juga dokumen perkara Pidana, dokumen perkara PTUN, eksaminasi putusan dan penyusunan Legal Opinion,"katanya.

Kegiatan ini terselenggara atas dukungan penuh Rektor Universitas Mataram dan Dekan Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mataram.